Try us on Wibiya!

Dapatkan dibayar Untuk Mempromosikan Pada Setiap WebSite

Get paid To Promote at any Location

Senin, 20 Desember 2010

Kimia analitik, unsur, atom, molekul, ion

Beberapa Cabang dari Ilmu Kimia. Kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama. Terdapat pula beberapa cabang antar-bidang dan cabang-cabang yang lebih khusus dalam kimia.

Kimia (dari berasal dari bahasa Arab" seni transformasi" dan bahasa Yunani khemeia "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom.

Kimia analitik
* Kimia analitik adalah analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya. Kimia analitik melibatkan metode eksperimen standar dalam kimia. Metode-metode ini dapat digunakan dalam semua subdisiplin lain dari kimia, kecuali untuk kimia teori murni.

Kimia Analitik merupakan disiplin ilmu yang mengembangkan dan menerapkan metoda, instrumen dan strategi untuk memperoleh informasi mengenai komposisi dan kondisi materi dalam ruang dan waktu. Penelitian kelompok keilmuan/keahlian kimia analitik difokuskan pada pengembangan, validasi dan penerapan “state-of-the-art” metoda analitik terintegrasi dan terautomasi serta instrumentasi untuk analisis renik dan spesiasi.

Unsur
- Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih kecil, atau tidak dapat diubah mejadi zat kimia lain dengan cara fisika atau kimiabiasa.
- Partikel terkecil dari unsur adalah atom
- Unsur paling ringan adalah H dan He. H dipercaya sebagai yang ada pertama kali di dunia setelah terjadinya BIg Bang.
- Seluruh unsur-2 berat secara alami terbentuk mel berbagai metode nukleosintesis.
- Hingga tahun 2005, dikenal 118 unsur, 93 terdapat di alam, 23 merupakan unsur buatan.
- Unsur yang diciptakan manusia, biasanya tidak stabil dan dengan spontan berubah menjadi unsur kimia natural yang stabil mel proses Radioaktif.
- Unsur buatan pertama kali diduga adalah Tekne tiu m(1937). Seluruh unsur buatan merupk radioaktif dengan Waktu Paruh yang pendek.

Atom
- Atom adalah satuan yang sangat kecil dalam setiap baha yang ada di sekitar kita.
- Atom istilahnya: pertama kali di ungkap ol Democritus (a=Tidak, tomos=Potong/bagi) artinya satuan terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi.
- Atom adalah suatu kumpulan materi terdiri atas inti atom (Nukleus) bermuatan positif, yang biasanya mengandung Proton dan Netron, dan beberapa elektron di sekitarnya yang mengimbangi muatan positif inti.

Molekul
- Molekul adalah bagian yang tidak terpisahkan dari yang paling kecil dari senyawa murni memiliki ciri unik kia dan fisik.
- Molekul terdiri atas 2 atau lebih ikatan ATOM. Mis: H2O adalah Molekul Air; (CH2O)6 adalah molekul GULA.

Ion
- Ion adalah ato/sekumpulan atom yang bermuatan Listrik.
- Ion bermuatan negatif, bila menangkap satu atau lebih ELEKTRON, disebut anion, kerena dia tertarik menuju ANODA.
- Ion bermuatan positif, yang kehilangan satu atau lebih elektron, disebut KAYION, kerana tertarik ke KATODA.
- Ion, proses pembentukan ion disebut ionisasi. Atom atau kelompok atom yang terionisasi ditandai dengan tikatas n+ atau n-, dimana n adalah jumlah elektron yang hilang atau diperoleh.
- Ion, pertamakali diteorikan oleh MICHAEL FARADAY pada tahun 1830 untuk menggambarkan bagian molekul yang bergerak ke anoda atau katoda. Namun mekanisme peristiwa ini baru diseskripsikan pada tahun 1884 oleh SYANTE AGUST ARRCHENIUS dalam disertasi doktornya di UNIVERSITY OF UPPSALA. Pada mulanya, teori ini tidak diterima (ia memperoleh gelarnya dengan nilai minimum), tetapi disertasinya memenangi HADIAH NOBEL KIMIA pada tahun 1903.

Senyawa Kimia
- Senyawa kimia adalah: ZAT KIMIA terbentuk dari 2 atau lebih UNSUR dengan rasio tetap yang menentukan komposisi. Contohnya, Air, H2O adalah sebuah senyawa yang terdiri dari 2 atom H untuk setiap atom O.
- Ciri-ciri yang membedakan senyawa adalah dia memiliki RUMUS KIMIA. Rumus kimia memberikan rasio atom dalam zat dan  jumlah atom dalam molekul tunggalnya, oleh karena itu rumus kimia ETENA dalah C2H4 dan bukan CH2.
- Senyawa dapat berwujud dalam beberapa FASE, baik berupa zat PADAT, CAIR atau GAS. Semua senyawa akan terurai menjadi senyawa yang lebih kecil atau ATOM individual bila dipanaskan sampai SUHU tertentu, yang disebut SUHU PENGURAIAN.
- Jenis senyawa: Asam, Basa, senyawa ionik, garam, oksida, senyawa organik dalam bentuk biner (2 unsur), TERNER (3 unsur), KUATERNER (4 unsur).

0 comments:

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Pengikut