Try us on Wibiya!

Dapatkan dibayar Untuk Mempromosikan Pada Setiap WebSite

Get paid To Promote at any Location

Kamis, 21 Juli 2011

Barelang Maritime Training Centre (BMTC), Hanya 8 Hari Langsung Jadi pelaut

Batam,Bisnis: Banyak orang bercita-cita sebagai pelaut yang taguh, tapi sayang, ramai dari mereka tidak tahu bagaimana cara menjadi pelaut ulung. Alhasil, mereka pun hanya ikut-ikutan tanpa memiliki basic dan bekal keterampilan pelaut yang baik.

Nah, kalau Anda memiliki cita-cita sebagai seorang pelaut, jangan tanggung-tanggung. Arungi samudra dan kelilingi dunia dengan kapal-kapal besar yang tentu memuat beribu-ribu ton muatan.
"Tapi kalau mau menjadi pelaut haru memiliki dokumen resmi. Ada seaman book, ada sertifikat. Seorang pelaut juga memiliki 10 digit Seafarer Code yang terdaftar di seluruh dunia.," ungkap Komang Yastara, Operasional Manager PT BMTC baru-baru ini.

Di PT BMTC menurut Komang, semua persyaratan tersebut bisa didapatkan. Tapi tentunya calon pelaut harus mengikuti training dan pelatihan yang yang ditentukan.
"Semua dalam satu paket, sertifikat BST dan seaman book dan untuk seluruh pelaut Indonesia yang telah memiliki sertifikat BST, bisa dicek di situs Departemen Perhubungan Laut di www.pelaut.go.id," terang Komang.

Meski menggunakan sistem paket, namun menurut Komang, biaya Diklat BST di PT BMTC sangat murah. "Biaya diklat untuk orang umum hanya Rp2,5 juta. Sedangkan untuk para nelayan cukup membayar Rp1,5 juta. Dari biaya Rp2,5 juta itu, peserta suudah mendapatkan Sertifikat BST online, seaman book, akomodasi makan siang setiap hari, coffe break dan snack 2 kali selama 8 hari, baju kaos BMTC, 1 buku diklat dan 1 buah pena," rincinya.

Ditambahkannya, dalam paket itu juga sudah termasuk pemakaian alat praktek, di antaranya alat pemadam api besar menggunakan hydrant, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dari jenis air, busa, CO2 dan powder. Pemakaian life jacket, life raft, life boat dan lifr ring.

Diklat ini akan diselenggarakan selama delapan hari, dengan pembagian materi, lim ahari teori dan tiga hari praktek langsung.

"Hari keenam kita gelar praktek pemadaman api (fire fighting), hari ketujuh sea survival berupa praktek keselamatan diri di laut, dan hari kedelapan ujian tertulis, materi selama diklat," jelasnya.
Di antara lima hari teori itu,  satu harinya ada pengenalan CPR ditambah praktek bersama dokter. Selain itu di hari keliam akan ada praktek penyelamatan korban menggunakan breathing apparatus di ruangan gelap (smoke chamber)," jelasnya.

Komang menururkan, ia memiliki pengalaman kurang lebih limabelas tahun berlayar di kapal pesiar dan hampir semua negara  sudah dikunjungi pria kelahiran Bali tahun 1974 ini.
Sehingga anda tidak perlu ragu lagi dengan pelatihan dan diklat yang diberikannya. Selain itu materi yang diajarkan di PT BMTC, sudah sesuai dengan standar International Maritime Organization (IMO).
Nah, bagi yang ingin mendaftar, silahkan langsung datang ke PT BMTC yang beralamat di Kantor Pelayanan Terpadu Pelabuhan Perikanan, Jembatan II Barelang di kawasan Restoran Golden Fish. Atau bisa menghubungi ke nomor telepon 0778-7001246 -081384634417". ( MB/one)

3 comments:

pandevbenzema[samuel] mengatakan...

kapan ada pelatihan lagi pak.??

Zaidiazmir mengatakan...

sertifikat apa ja yg dapet??

Unknown mengatakan...

Ada pengambilan sertifikat AFF baru ga pak?

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Pengikut