Try us on Wibiya!

Dapatkan dibayar Untuk Mempromosikan Pada Setiap WebSite

Get paid To Promote at any Location

Rabu, 14 April 2010

Ulu Barumun, Padang Lawas adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia.

Malaria mewabah di Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten PadanglLawas (Palas). Sebanyak 72 warga telah terjangkit penyakit menular itu. Demikian dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Paringgonan Sri Purnama Daulay, akhir pekan lalu.

Sri Purnama menjelaskan, dari data pihak puskesmas, dari 15 desa di wilayah tugasnya terdapat 5 desa yang terjangkit wabah Malaria jenis bakteri farce varum itu, yakni . Pasar Ipuh, Paringgonan, Paringgonan Julu, Paran Batu dan Sibual-buali.

Dikatakan Kapus Paringgonan, warga yang dinyatakan positif terjangkit diberi pengobatan secara gratis berupa obat Artesdiaquine,Clean Swab, dan Quinine.

Pihaknya juga telah melakukan upaya antisipasi agar bakteri tidak menyebar lebih luas lagi dengan melakukan fooging (pengasapan) selama dua hari pada 20-21 Januari dan juga membagi kelambu permanen kepada warga yang sudah terjangkit.

Sementara Kadis Kesehatan dan Sosial Palas Drs H Ahmadi Hutagalung melalui Kabid Pencegahan dan Pembrantasan Penyakit (P2P) H Gojali AMK SE menyebutkan, pihaknya akan memberi ABT disamping penyemprotan fooging dan pemberian kelambu dan pengobatan gratis.

Ditambahkan, wabah penyakit ini sebelumnya juga menjangkit Desa Siali-Ali wilayah kerja Puskesmas Latong sekitar bulan September 2009 lalu. Malah jumlah penderita lebih tinggi dari Kecamatan Ulu Barumun.

Dikatakan bahwa berdasarkan hasil survei, Kecamatan Ulu Barumun tidak termasuk daerah endemis atau rentan penyakit malaria. Daerah endemis itu di Kecamatan Lubuk Barumun, Barumun Tengah, Sosa dan Hutaraja Tinggi.

Makanya pihak Dinkessos telah mengambil sample 1.800 warga Palas, guna memastikan status daerah lain. “Paling lambat bulan Februari 2010, tiga puskesmas diluar 5 puskesmas yang statusnya sudah endemis, akan diketahui statusnya,” ujarnya.

Dari: apakabarsidimpuan.com

0 comments:

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Pengikut