Try us on Wibiya!

Dapatkan dibayar Untuk Mempromosikan Pada Setiap WebSite

Get paid To Promote at any Location

Senin, 19 Juli 2010

MERAWAT YAMAHA RX-KING


Sejak tahun 1980-an kuda besi ini terus mendominasi bursa sepeda motor kelas sport dua lngkah. Terbukti dari onsumennya yang selalu setia menunggu mendapatkan RX-king baru. Konsumen menyukai sang raja karena akselerasi cepat dan larinya kencang. Selain itu desain mesin yang sederhana dan komponennya sedikit, maka perawatan pun menjadi relative mudah.
Namun sejalan dengan pertambahan usia dan masa pemakaian, daya pacunya akan mengalami penurunan. Agar sang raja selalu dalam kondisi prima dan siap, lakukan perawatan berkala,

Berikut langkah-langkah untuk perawatan RX-KING:

Mesin

Mesin RX King memakai dua macam pelumas, yaitu oli mesin dan oli samping. Periksa oli mesin dengan mencabut tangkai plastic lubang oli. Jika ketinggian oli mesin berada dibawah garis MAX ( maksimum), segera tambahkan. Gunakan selalu oli sesuai rekomendasi pabrik. Dalam hal ini, bias memakai oli Yamaha Lube dengan SAE 20W-40W.
Jika tiba waktunya mengganti oli, lakukan sebanyak 650 cc sesuai ketentuan. Ingat jangan lebih. Oli samping jangan sampai kehabisan. Lihat jumlah oli samping dalam tabung. Jika jarum penujuk oli samping ada di batas ½, lebih baik segera tambahkan sampai penuh.
Bahan bakar
Agar mesin tetap menghasilkan tenaga, aliran bahan bakar harus lancer, demikian juga dengan pemantik apinya. Periksa kondisi busi yang bertugas meledakkan percikan api. Jika sudah bewarna kehitaman atau kerusakan, lebih baik diganti dengan jenis standar dari jenis tipe ND 24. Kalau masih bagus, cukup dibersihkan, lalu dipasang kembali.
Campuran bensin ideal disetel dengan memutar sekrup pengatur campuran 1 ¼ sampai 1 ½ putaran ke kiri stelah diputar habis kekanan. Putaran langsam atau idle disetel pada angka 1400 RPM dengan memutar skrup putaran mesin.
Saringan udara
Kebanyaan saringan udara sepeda motor buatan tahun baru-baru sudah tidak menggunakan bahan kertas. Sudah diganti dengan saringan udara dari busa atau foam. Busa atau foam lebih mudah dibersihkan jika kotor dan usianya lebih lama. Sedangkan yang memakai kertas harus diganti jika kotor.
Saringan udara RX-king berbentuk busa segitiga memanjang: periksa kondisinya, jika warna kuning khas busanya sudah mulai menghitam, segera bersihkan. Mencucinya mudah saja, yaitu menggunkan cairan pembersih
Setelah dibersihkan segera buang sisa cairan pembersih. Caranya dengan memijit busa agar sisa air tidak ada. Lalu kibas-kibaskan busa untuk membuang sisa air pembersih. Keringkan dengan menjemurnya sambil diangin-anginkan.Baru saja saya membaca dari : plethukpunyadhani.wordpress.com

1 comments:

Unknown mengatakan...

Mantap....., Trus buat tulisan ok....

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Pengikut