Try us on Wibiya!

Dapatkan dibayar Untuk Mempromosikan Pada Setiap WebSite

Get paid To Promote at any Location

Kamis, 28 Oktober 2010

Kami Ingin Anak Kami Sehat dan Bersekolah

Nasib Nelayan Tradisional Karimun Ditengah Pembangunan

KARIMUN, IB: Kabupaten Karimun terus berpacu dalam pembangunan. Sebagai kabupaten yang terdiri dari gugusan pulau-pulau, banyak kelompok masyarakat Karimun yang mengadu nasib dari hasil tangkapan ikan dilaut. Masyarakat nelayan, khususnya nelayan tradisional merupakan kelompok nelayan yang rata-rata masih hidup jauh dari sejahtera. Besar harapan masyarakat nelayan Karimun, keberadaan mereka mendapat sentuhan nyata dari pemerintah, dan bisa mencicipi hasil pembangunan Kabupaten Karimun.
 
"Permintaan masyarakat nelayan sangat sederhana, mereka hanya ingin keluarga mereka mendapat fasilitas kesehatan yang layak, dan juga anak-anak mereka dapat mengecap ilmu pendidikan yang layak.Maksudnya, kami ingin anak kami sehat dan bersekolah. Biarlah orang tua mereka berprofesi sebagai nelayan pergi ke laut menangkap ikan, tapi kalau dapat anak-anak mereka jangan sampai menjadi nelayan. Selanjutnya mereka juga ingin hidup mereka menjadi sejahtera," kata Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karimun Amirullah belum lama ini.
 
Sebagai ketua kelompok nelayan, ia sangat menyadari mulai pesatnya pembangunan di Kabupaten Karimun. Hal ini ditandai pembangunan disana-sani dan juga mulai masuknya investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Karimun. Kehadiran pembangunan dan masuknya investasi mau tidak mau, akan menjejas pendapatan nelayan, khususnya nelayan tradisional yang menggantungkan hidupnya dari hasil ke laut menangkap ikan. Dan kami sebagai nelayan, tidak punya hak untuk menghalangi niat pemerintah untuk program pembangunan, permintaan kami tolong perhatikan kami masyarakat nelayan," harap Ketua KTNA Kabupaten Karimun yang menyadari dalam tempo 10 tahun ke depan perairan Karimun akan dilalui oleh kapal-kapal berukuran besar.
                                               
*Nelayan Masih Boleh ke Laut Manangkap Ikan

Kepala Bappeda Karimun Drs Raja Usman melakukan klarifikasi menyangkut pemberitaan yang mengatakan perairan Karimun tidak diperbolehkan buat nelayan untuk menangkap ikan. Timbulnya pemberitaan ini, buntunya menimbulkan keresahan nelayan, khususnya nelayan tradisional. Menurutnya, dalam draf revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karimun yang diusulkan ke pemerintah pusat, hanya memplot-memplot kawasan-kawasan yang diperuntukan dengan bidang-bidang tertentu. Tujuannya, agar Kabupaten Karimun memiliki panduan dalam hal pembangunan. 
 
"Silakan aja nelayan kita untuk menangkap ikan di perairan Karimun, tidak ada larangan ataupun sangsi bagi nelayan, jika ingin turun ke laut untuk pergi menangkap ikan," terang Kepala Bappeda Karimun.(hai) by: posmetrobatam.com    

0 comments:

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Pengikut